Minggu, 09 Desember 2012

Strategi Pembelajaran Organisasi

Strategi Organisasi
Strategi Organisasi bertujuan membantu siswa meningkatkan kebermaknaan materi baru,terutama dilakukan dengan mengenakan struktur-struktur peng-organisasian baru pada materi-materi tersebut. Strategi organisasi mengidentifikasi ide-ide atau fakta-fakta kunci darisekumpulan informasi yang lebih besar. Strategi ini meliputi :
1.      Pembuatan Kerangka (Outlining)
2.      Pemetaan ( mapping)

1. Pembuatan Kerangka (Outlining)
Outlining adalah membuat kerangka garis besar, dimana siswa belajar menghubungkanberbagai macam ide dengan ide utama. Dalam pembuatan kerangka garis besar jenis hubunganyang digunakan adalah satu topik kedudukannya lebih rendah dari topik yang lain. Kerangkagaris besar memberikan suatu tinjauan awal tentang ide-ide kunci yang akan dibahas dan jugahubungan-hubungan antar topik.Dalam outlining atau membuat kerangka garis besar, siswa belajar menghubungkanberbagai macam topik atau ide dengan beberapa ide utama. Dalam pembuatan kerangka garisbesar tradisional satu-satunya jenis hubungan adalah satu topik kedudukannya lebih rendahterhadap topik lain. Sama dengan strategi lain, siswa jarang sebagai pembuat kerangka yang baik pada awalnya, namun mereka dapat belajar menjadi penulis kerangka yang baik apabiladiberikan pengajaran tepat dan latihan yang cukup. Outlining, yakni membuat garis besar. Siswa belajar menghubungkan berbagai macamtopik atau ide dengan beberapa ide utama.

2. Pemetaan ( mapping)
Mapping biasa disebut pemetaan konsep di dalam pembuatannya dilakukan dengan membuat suatu sajian visual atau suatu diagram tentang bagaimana ide-ide penting atas suatu topik tertentu dihubungkan satu sama lain.
Strategy Map adalah sebuah diagram yangmenunjukan visi, misi, strategi organisasi diimplementasikan dalam aktivitas sehari-hari.
Strategy map memiliki karakteristik sebagai berikut:
·         Semua informasi strategy map berada dalam satu diagram, untuk mempermudah melihathubungan antar perspektif.
·         Strategi-strategi yang dibuat mengacu pada strategy objectif organisasi.
·         Setiap perspektif memiliki strategy - strategy yang saling berhubungan baik dalam satu perspektif maupun dengan strategy yang ada di perspektif yang lain.

Mapping, kadang-kadang dikenal sebagai pemetaan konsep, dalam beberapa hal lebihefektif dari outlining dalam mempelajari hal-hal yang lebih kompleks. Pembuatan peta konsep dilakukan dengan membuat suatu sajian visual atau diagram tentang bagaimana ide-ide pentingsuatu topik dihubungkan satu sama lain. Untuk membuat suatu peta konsep, siswa dilatih untuk mengidentifikasi ide-ide kunci yang berhubungan dengan suatu topik dan menyusun ide-idetersebut dalam suatu pola logis. Peta konsep bisa merupakan diagram yang  bisa juga disebut hubungan sebab akibat.Hakikat visual peta konsep membantu siswa memahami hubungan antaraberbagai macam ide dan mempelajari hal-hal baru lebih efektif daripada dengan menggunakan strategi outlining. Mapping, yang lebih dikenal dengan pemetaan konsep, dalam beberapa hallebih efektif daripada outlining.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar